Engkau Bersama Segala Binatang

Eco Lectio Divina 27

33

Berfirmanlah Allah kepada Nuh, “Keluarlah dari bahtera, engkau bersama istrimu, anak-anakmu, dan istri anak-anakmu, serta segala binatang yang bersama engkau, segala makhluk: burung-burung, hewan, dan segala binatang yang melata di bumi. Suruhlah mereka keluar bersama engkau, supaya semuanya itu berkeriapan di bumi serta berkembang biak dan bertambah banyak di bumi” (Kej. 8:15-17).

***

Allah memberi sinyal kepada keluarga Nuh bersama segala burung, hewan, dan binatang yang melata, ibarat satu keluarga besar, untuk bersama-sama keluar dari bahtera, tempat konservasi mereka, dan masuk kembali ke habitatnya masing-masing di bumi.

Burung-burung, hewan, dan segala binatang yang melata disebutkan kembali satu demi satu seperti dalam Kejadian 1. Mereka kembali diberkati untuk berkembang biak dan bertambah banyak di bumi. Ini ibaratnya suatu tindakan penciptaan baru!

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, Engkau yang dikira pemusnah berkuasa menciptakan kembali, sehingga tidak ada yang hilang dari keluarga besar makhluk hidup di bumi. Sadarkan kami bahwa meskipun sudah keluar dari bahtera, kami bersama semua makhluk hidup tetap berada dalam satu perahu kehidupan, di mana kami semua dapat bertahan sejahtera bersama-Mu. Amin.