Dari Semuanya Datang Satu Pasang

Eco Lectio Divina 25

29

“Dari segala yang hidup, dari segala makhluk, satu pasang dari semuanya itu haruslah kaubawa ke dalam bahtera, supaya terpelihara hidupnya bersama engkau; jantan dan betina harus kaubawa. Dari segala jenis burung, dari segala jenis binatang melata di tanah, dari segala jenis hewan, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya” (Kej. 6:19-20).

***

Ketika segala makhluk hidup akan dihapuskan dari muka bumi, Tuhan bersama satu orang yang tak bercela dan yang percaya kepada-Nya memelihara sepasang dari semua jenis makhluk supaya tetap hidup. Kata kuncinya adalah “semua”, bukan yang dipilih oleh manusia. Semua yang dicintai Tuhan datang kepada Nuh. Dalam alam ciptaan, semuanya bernilai dan diperlukan.

“Hanya dibutuhkan satu orang baik untuk memulihkan pengharapan” (Laudato Si’ 71). Harapan itu kini dipulihkan oleh orang yang mengonservasi alam ciptaan, antara lain flora dan fauna langka yang terancam punah dan orang rentan yang tak bersalah.

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhanku, yang telah menyelamatkan leluhur kami dari pemusnahan, dan bersamanya semua jenis makhluk hidup. Banyak di antaranya sekarang kembali terancam punah karena keserakahan dan kekerasan hati kami. Berilah kami iman, pengharapan, dan kasih, agar bersama-Mu dapat merawat korban krisis iklim dan spesies-spesies yang sudah hampir binasa. Amin.