Meninggalkan Segalanya

Rabu, 31 Juli 2024 – Peringatan Wajib Ignasius dari Loyola

109

Matius 13:44-46

“Hal Kerajaan Surga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

Demikian pula hal Kerajaan Surga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

***

Bacaan Injil hari ini sangat menantang. Tuhan menganugerahkan banyak hal baik kepada kita. Ia memberi kita badan yang tegap, paras yang ayu rupawan, serta anggota tubuh yang berfungsi dengan baik. Ia memberi kita pikiran yang sehat, kegembiraan, serta sukacita. Ia memberi kita pekerjaan, pelayanan, dan kesejahteraan. Kita juga dianugerahi-Nya keluarga, teman, dan sahabat. Itulah seluruh milik sebagaimana digambarkan dalam bacaan Injil hari ini. Semua itu menjadi sumber kegembiraan kita. Semua itu menjadikan kita bahagia.

Namun, ternyata ada hal yang jauh lebih menggembirakan lagi, yakni harta terpendam dan mutiara yang sangat berharga. Apa itu? Tidak lain adalah Kerajaan Surga, yakni keselamatan kekal yang jaminannya adalah Yesus sendiri.

Konsekuensi mengikut Yesus adalah “menjual seluruh milik” atau meninggalkan segalanya. Kita bisa menemukan tuntutan ini dalam kisah panggilan para murid. Untuk mengikut Yesus, para murid meninggalkan jala, perahu, bahkan ayah mereka. Mereka tidak mengumpulkan harta di dunia, tidak memusingkan pakaian, tidak memiliki tempat untuk meletakkan kepala. Mereka meninggalkan saudara dan orang tua mereka, bahkan mengorbankan nyawa.

Itu bukan omong kosong karena Yesus sendiri pun melakukannya. Ia meninggalkan Bapa dan takhta-Nya di surga dengan menjadi manusia. Sebagai manusia, ia lahir di kandang dalam kemiskinan. Ia menghabiskan banyak waktu untuk melayani daripada bersama keluarga. Pada akhirnya, Ia disiksa dan mati di kayu salib. Kita akan menemukan harta terpendam dan mutiara yang sangat berharga, yaitu Kerajaan Surga, kalau kita berani meninggalkan segalanya dan tinggal bersama Yesus.